Pemdes Kemuning Muda Laksanakan Pelatihan Kewirausahaan untuk Pemuda

kemuningmuda.desa.id, Kemuning Muda - Pemerintah Desa Kemuning Muda bersama BKAD Kecamatan Kemuning melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan untuk Pemuda, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan ini bersumber dari dana BKK Provinsi dan diikuti sebanyak 84 peserta dari 11 desa yang menganggarkan pada APB Desa 2023.

"Harapan kami, dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini bisa menumbuhkembangkan bakat kewirausahaan, dalam hal ini nantinya mendapat bimbingan dan langsung praktik di bidang sablon, kalau perwakilan setiap desanya kompeten, kedepan bisa dianggarkan mesin percetakan sablonnya, ilmunya sudah dapat hari ini", kata ketua BKAD Kecamatan Kemuning, Jumadi.

Gusti Reklame yang menjadi narasumber pelatihan ini memberikan materi bimbingan praktik sablon baju dan sablon plastik, didampingi oleh Faskab DMIJ-PT, FM dan para Pendamping Desa serta PLD P3MD. Hadir juga pada kegiatan ini beberapa Kepala Desa, diantaranya Kepala Desa Kemuning Muda, Kepala Desa Kemuning Tua, Kepala Desa Sekara, Kepala Desa Lubuk Besar, Kepala Desa Sekayan dan Sekretaris Desa Tuk Jimun.

Foto bersama para peserta, Kepala Desa, Ketua BKAD, Faskab DMIJ PT, FM, PD dan PLD

Kepala Desa Kemuning Muda, Nanang Airi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari 14 kegiatan wajib dan menjadi agenda skala prioritas yang bersumber dari BKK Provinsi tahun anggaran 2023.

"Hari ini kami utus 8 orang pemuda/pemudi Desa Kemuning Muda untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan, kuotanya hanya dianggarkan 8 orang per desa, harapan kami tidak ada yang pulang sebelum kegiatannya selesai, semoga ilmunya berguna dan semua peserta bisa menjadi pengusaha kreatif kedepannya", jelas Kepala Desa.

Doni, Kiki, Era dan Fitri, peserta dari Desa Kemuning Muda sedang praktek sablon baju

Sementara itu menurut salah satu peserta, Kiki Kumala Sari, pelatihan kewirausahaan ini akan mendorong para pemuda untuk lebih kreatif, inovatif dan menjadi sarana memunculkan ide wirausaha di usia muda.

"Terimakasih kepada Pemerintah Desa yang telah menganggarkan kegiatan ini, ini merupakan momen penting untuk memacu semangat berwirausaha bagi pemuda/pemudi yang ada di desa, kita semua bisa menjadi pengusaha, kuncinya mau dan terus belajar, ujar Kiki.

Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini diikuti oleh 8 orang pemuda/pemudi Desa Kemuning Muda yakni Kiki Kumala Sari, Heriyanti Syahfitri, Dwi Narantika, Doni, Era Usman, Mudianto Prasastio, Nopri Syahbandi dan Yuliana Dewi. (IJ)

Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Profil Desa

Desa Kemuning Muda berada di kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Indonesia. Desa Kemuning Muda merupakan desa yang berdiri pada tahun .....

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Copyright © 2023 Desa Kemuning Muda